Friday, November 17, 2017
Breaking News
Home » Linux » torrent blocking dengan mikrotik part 1

torrent blocking dengan mikrotik part 1

walaupun saya seseorang yang gemar mendownload dari torrent, ada kalanya torrent dirasa sangat mengganggu bagi seorang administrator jaringan. ya, torrent atau koneksi peer to peer bisa di kategorikan aplikasi yang sangat rakus akan bandwidth. terlebih jika pengaturan bandwidth tidak dilakukan dengan baik.

pada mikrotik versi terdahulu anda dapat dengan mudah mengeblok aplikasi ini melalui filter rule, namun untuk sekarang2 ini. cara yang harus dilakukan agak sedikit rumit.

dalam versi terdahulu paket dapat tertangkap sempurna dengan perintah simple. namun paket tetap dapat lewat sehingga aktifitas torrent masih dapat berlangsung.

ip f f add action=drop chain=forward p2p=all-p2p src-address=125.125.125.125

dengan asumsi ip komputer adalah 125.125.125.125 maka perintah tersebut akan melakukan blocking pada aplikasi torrent, namun apa yang terjadi ?

block torrent 1

file torrent masih dapat didownoad dengan mulus..

penggunaan queque pada mikrotik pun dirasa tidak terlalu membantu, apabila sang pennorent tidak membatasi bandwidth uploadnya maka upload akan habis dilahapnya dengan rakus.

pada hari ini mikrotik sudah merelase updatenya dengan versi RoS 6.3.3 namun fungsi blocking pada torrent tidak juga dapat dilakukan.

proses blocking torrent akan saya bahas pada posting berikutnya

Salam,

PentiumSoak

 

About pentiumsoak

Seseorang biasa dengan impian yang luar biasa, yang berharap mempunyai kehidupan seperti kaleidoskop yang tidak beraturan namun penuh warna. keturunan darah rendah dengan segudang cerita yang tidak patut di tiru, diduga keras mengalami kerusakan parah pada otak kanan yang menimbulkan kemampuan menghapalnya amat sangat minim, sehingga terkadang lupa sudah 1 hari belum makan sama sekali –“

Check Also

xiaomi flasher toolkit

xiaomi flasher toolkit adalah sebuah tools sederhana namun sangat berarti buat saya. kemarin sempet oprek2 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *